Selasa, 27 Maret 2012

10 PERBEDAAN ANATARA PENGETAHUAN DAN KEKAYAAN :
1. pengetahuan adalah warisan para Nabi, sedangkan kekayaan adalah warisan dari fir'aun. karena Nabi lebih  unggul daripada fir'aun maka pengetahuan adalah lebih baik dari pada kekayaan .
2. kamu harus mejaga kekayaan, tetapi pengetahuan mejagamu. oleh karena itu, pengetahuan adalah lebih baik daripada kekayaan .
3. ketika pengetahuan dibagikan, ia bertambah. sedangkan ketika kekayaan dibagikan, ia berkurang. dengan demikian pengetahuan lebih baik dari pada kekayaan .
4. seorang kaya banyak yang memiliki musuh, sedangkan orang yang berpengetahuan memiliki banyak teman. oleh karena itu pengetahuan adalah lebih baik dari pada kekayaan.
5. seorang terpelajar karena wawasannya yang lebih luas cenderung bermurah hati, sedangkan orang kaya yang gila harta cenderung menjadi kikir. dengan demikian, pengetahuan lebih baik dari pada kekayaan.
6. pengetahuan tidak dapat dicuri, sedangkan kekayaan terus-menerus dalam incaran pencuri. dengan demikian, pengetahuan lebih baik daripada kekayaan.
7. semakin lama, pengetahuan semakin dalam dan bercabangsedangkan uang yang ditimbun menjadi berkarat, atau menjadi tidak berlaku. oleh karena itu, pengetahuan adalah lebih baik daripada kekayaan.
8. kamu dapat menghitung pengetahuan karena tidak terbatas. tetapi kamu dapat menghitung uang karena terbatas. poleh karena itu pengetahuan lebih baik daripada kekayaan.
9. pengetahuan menerangi piukira, sedangkan harat cenderung menghitamkannya. oleh karena itu, pengetahuan lebih baik dari pada kekayaan.
10.pengetahuan adalah lebih baik daripada kekayaan, karena pengetahuan meneguhkan kemanusiaan, seperti Nabi Muhammad berkata kepada Tuhannya, "kami menyembah-Mu karena kami adalah hamba-hamba-Mu", sedangkan kekayaan menyebabkan kesombongan, seperti yang terjadi pada fir'aun dan namrudz, yang membuat mereka mengaku sebagai tuhan.




dikutif dari : buku manisnya kopi asin "merajut kebahagiaan yang hakiki." (Irwan Kurniawan, M.Ag.)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda